Dua Tipe Pakan Granule yang Diproduksi MS

Dua Tipe Pakan Granule yang Diproduksi MS

Ada dua tipe pakan granule yang diproduksi MS, yaitu KJV 2A ukuran butirannya 0,7 – 1,1 mm dan KJV 2B ber ukuran 1,2 – 1,6 mm. “Karena pakan lebih homogen, maka sangat cocok ditebar menggunakan auto fee der (me sin pemberi pakan),” promosi Angga. Untuk memenuhi kebutuhan petambak udang terhadap pakan yang efisien, tidak mengganggu kualitas air kolam, dan dapat mendukung budidaya superintensif, PT Matahari Sakti mengenalkan produk terbarunya, variasi baru seri Kaiohji.

AGUS SURYAWINADI, Head of Shrimp Culture Operation PT Matahari Sakti, menjabarkan kelebih an pakan Kaoihji di kolam ANGGA ADITYA PN, Head of Nutrition PT Matahari Sakti, menjabarkan product knowledge Kaoihji granul AGRINA LO 275.qxp_Layout 1 5/8/17 9:06 PM Page 54 275Mei 2017 Agrina 55 Kandungan nutrisi pakan granul juga jauh lebih baik dan lebih homogen. Selain memang bahan bakunya ber asal dari bahan-bahan terpilih dan ber mutu tinggi, pemanasannya juga da lam suhu rendah, seperti pasteurisasi dan berulang-ulang. Jadi, pakan lebih matang dan kematangannya lebih homogen. Tidak seperti proses produksi pellet yang pemasakannya di bawah suhu tinggi sekaligus.

Manajemen Pakan

Menurut Agus Suryawinadi, inovasi pakan granul ini menjadi jawaban atas tren budidaya superintensif dengan sistem flok dan minim pergantian air. Selain itu, peningkatan biaya produksi akibat mahalnya energi. Belum lagi te rus menurunnya daya dukung alam yang berdampak kepada penurunan mu tu air akibat pencemaran ling kungan. Ditambah pula perubahan iklim/ cuaca yang menimbulkan kondisi ekstrim pada ekosistem tambak. “Be lum lagi terus meningkatnya tekanan patogen yang kian beragam,” ujar sarjana perikanan dari IPB Bogor ini. Menghadapi berbagai tantangan tersebut, pembudidaya dituntut untuk melakukan langkah-langkah yang tepat. Dalam manajemen pakan misalnya, bagaimana memilih pakan agar biaya pakan semakin murah tetapi tetap efektif dan memanfaatkan auto feeder yang berimbas menurunkan biaya produksi.

Saat ini pakan granul sudah diaplikasikan di tambak udang milik PT MS di Probolinggo, Jawa Timur. Agus menyajikan video perbandingan reaksi udang saat diberi pakan crumble dan granul. Yang diberi pakan gra nul, gerakannya lebih lincah dan udang me la hap pakan granul dalam sekali telan. Selain itu juga terlihat air kolamnya lebih jernih. Seusai pemaparan, acara di lanjutkan dengan sesi dis kusi yang berlangsung hampir tiga jam. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta lebih tajam dan mendetail mengingat kebanyakan pe ser ta merupakan para praktisi budidaya udang. Dari sejumlah pertanyaan, Angga meyakinkan, kandungan protein 36% di da lam pakan Kaiohji sudah merupakan kebu tuh an ideal untuk pertumbuhan udang. “Pakan ini sudah mengandung vita min dan sejumlah mineral dengan do sis optimal yang dibutuhkan udang sehingga jelas mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Memang tren belakangan ini pembudidaya menerapkan pakan protein rendah mengikuti langkah pembudi daya di Vietnam dan Thailand.

Namun, menurut Agus, pemberian pakan tidak bisa disamakan untuk semua wilayah dan tergantung kepada kon disi perairan tempat budidaya dijalan kan serta pertambahan bobot badan (ADG) yang ingin dicapai. Acara peluncuran pakan Kaiohji berakhir dengan pengundian sejumlah doorprize. Hadiah utamanya berupa sebuah pesawat televisi LED 32 inchi. Informasi lebih lanjut, hubungi: PT MATAHARI SAKTI yang beralamat di Margomulyo Industri I, Blok A9-13 Surabaya 60183. Telepon: (031) 749 1199 (Hunting), Faksimili: (031) 749 0545.